Rabu, 21 Juli 2010

Penghasilan Ideal Polisi Setara Karyawan Bank

JAKARTA- Minimnya kesejahteraan acap kali menjadi kambing hitam atas bermunculannya polisi-polisi nakal.

Hipotesa di atas tak sepenuhnya salah lantaran gaji polisi Indonesia jauh dibawah aparat penegak di negara lain. Padahal Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) sudah menentukan standar gaji polisi di seluruh dunia.

“Menurut peraturan PBB gaji polisi di suatu negara harus sama dengan gaji perbankan di negara tersebut, saat ini gaji Gubernur BI Rp250 juta tapi gaji Kapolri hanya Rp23 juta plus tunjangan jabatan,” ujar Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S. Pane kepada okezone beberapa waktu lalu.

Perbandingan di atas hanya satu contoh saja. Untuk jajaran dibawah, gaji polisi masih jauh ketimbang karyawan bank.

Situasi ini, menurut Neta, disinyalir menjadi salah satu pemicu maraknya penyelewengan jabatan serta tindak memperkaya diri sendiri dengan segala cara.

Seperti menjadi makelar kasus, menghilangkan barang bukti, dan tindakan lain di luar tugas dan fungsi polisi. “Bagi polisi yang tidak punya jabatan hanya bisa merazia di jalan atau memainkan administrasi SIM dan STNK,” bebernya.

Dipenghujung kalimatnya, Neta memberikan tawaran solusi bagi polisi agar bisa tetap makan meski bergaji kecil. “Saya setuju saja jika ada polisi yang buka usaha di luar selama itu tidak mengganggu tugasnya,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar